Berita PPID PPKUKM DKI Jakarta

Berita

image

Launching Food Rescue

By PPKUKM DKI Jakarta | 21 Februari 2023

Badan Pangan Nasional Atau Bapanas bersama Hero Supermarket melakukan launching kegiatan Food Rescue dalam rangka kewaspadaan pangan dan gizi di Hero Supermarket Taman Alfa, Kembangan, Jakarta Barat pada hari Selasa (21/02).

Kegiatan ini merupakan bentuk dari komitmen bersama antara pemerintah dan pihak swasta untuk melakukan optimalisasi terhadap pencegahan food waste.

Dalam agenda tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Uasaha Kecil dan Menengah atau Dinas PPKUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan kesiapannya untuk bersinergi dengan seluruh stake holder terkait sehingga pencegahan food waste dan penyelamatan pangan ini dapat dilaksanakan dengan optimal.

“Sesuai data internasional, banyak makanan yang terbuang di Indonesia, kira kira sebanyak 184 kg perorang pertahun. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, kami bisa berkolaborsi dengan bapanas, kementerian, dan ritel moderen untuk dapat melakukan kegiatan bermanfaat lainnya,” ujarnya.

Selanjutnya, Deputi II Bidang Kerawanan Pangan Dan Gizi, Dr. Drs. Nyoto Suwignyo mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi untuk memenuhi mandat Sustainable Development Goals poin ke-12 yaitu konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab.

“Untuk dapat mengurangi food waste hingga 50% perkapita di tingkat ritel dan konsumen. Sebagai komitmen pemerintah dalam hal ini, Bapanas telah menginisiasi tiga unit mobil logistik pangan dan satu unit mobil food truck untuk menyalurkan potensi pangan berlebih ke daerah rawan pangan.” ujarnya.

Dalam agenda tersebut juga dilaksanakan kegiatan penyaluran donasi dari seluruh gerai Hero di wilayah Jabodetabek untuk masyarakat sekitar, senam, cek kesehatan, bazar, serta demo masak menggunakan mobil logistik pangan dan food truck Bapanas.