Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha, Kecil dan Menengah atau PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, hadir dalam kunjungan ke Hypermart Puri Indah, Jakarta Barat pada hari Rabu (08/02).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas PPKUKM mendampingi Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas, Arief Prasetyo, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI, Frans Marganda, dan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau Aprindo, Roy N Mandey untuk melakukan monitoring ketersediaan dan harga pangan menjelang Idul Fitri Tahun 2023 sekaligus peluncuran beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga
Pangan (SPHP).

Kepala Bapanas menyampaikan, beras yang dikeluarkan oleh Bulog ini memiliki harga eceran tertinggi yaitu Rp 9.450/kg, didistribusikan ke pasar tradisional dan juga ke toko retail seperti hypermart, ramayana, serta toko-toko retail lainnya di seluruh Indonesia.

Ia juga menyampaikan bahwa kerjasama dengan beragam instansi seperti pemerintah daerah dan Aprindo ini dilakukan agar mampu memenuhi ketersediaan pangan di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Presiden.

Mendukung hal tersebut, Direktur Utama Perum Bulog menyampaikan kerjasama dengan Aprindo dilakukan agar rantai penyaluran beras bebas dari oknum mafia beras. Ia menambahkan, beras ini mampu bersaing dengan beras impor.

Selanjutnya, Kepala Dinas PPKUKM menyampaikan rencana yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bahwa Provinsi DKI Jakarta berusaha agar masyarakat mendapatkan harga pangan yang terjangkau.

"Terimakasih kepada Bulog, Bapanas dan Aprindo yang sudah melakukan sinergi dan kolaborasi terkait harga pangan seperti beras. Semoga dengan kerjasama ini mampu segera menurunkan harga beras di DKI Jakarta, dan kerjasama ini mampu dilakukan oleh pemerintah daerah lainnya", ujarnya.

 

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240