Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menghadiri Perayaan Imlek Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada hari Minggu (29/01).

Dalam perayaan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya menggandeng seluruh pihak untuk bangkit bersama pasca pandemi Covid-19, salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

"Penting untuk saling tolong-menolong, yang besar menggandeng yang sedang, yang sedang menggandeng yang kecil untuk bangkit bersama-sama," ujarnya sebelum melakukan prosesi tabuh genderang sebagai simbol pembukaan perayaan secara resmi.

Perayaan Imlek Nasional Tahun 2023 ini merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, mengusung tema 'Besyukur, Bangkit, dan Maju Bersama' serta menggandeng 700 unit UMKM dan mengundang setidaknya 50.000 hadirin termasuk masyarakat.

Salah satu UMKM yang turut memeriahkan festival kuliner dalam perayaan tersebut adalah UMKM binaan Jakpreneur. Hal ini dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk memperluas pemasaran. Sejumlah 250 UKM makanan dan 125 UKM minuman binaan Jakpreneur.

Jokowi juga mengingatkan para hadirin untuk terus bersyukur atas kebangkitan stabilitas ekonomi Indonesia pasca pandemi yang mampu menekan inflasi di angka 5,5 persen.

"Kita patut bersyukur kalau mengingat Tahun 2020, 2021, dan 2023, saat pandemi datang kita bingung bagaimana mempersiapkan semua hal. Mall, rumah ibadah, dan warung kecil tutup. Oleh karena itu, jangan lupa bersyukur terutama atas dicabutnya ppkm di bulan Desember 2022," paparnya.

Selain itu, sejumlah tokoh dan pejabat negara seperti Presiden RI Ke-5, Megawati, Menteri BUMN, Erick Tohir, Menteri Agama, Pj Gubernur, Heru Budi Hartono dan sejumlah jajaran Pemprov DKI Jakarta juga hadir dalam perayaan tersebut.

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240