Kenapa para UMKM perlu memanfaatkan pembayaran digital?

1. Menaikkan omset
Kenaikan keuntungan tersebut disebabkan oleh tingkat pengguna pembayaran digital. Hal tersebut akibat pola perilaku generasi milenial dan generasi Z yang lebih mengingnkan segala sesuatu yang praktis. Tidak sedikit calon pelanggan yang batal berbelanja disuatu bisnis UMKM hanya karena pemilik bisnis tidak menyediakan sistem pembayaran digital. Gaya hidup cashless kini telah sampai pada tahap mengurangi penggunaan kartu debit. Maksudnya, preferensi konsumen lebih cenderung terhadap satu benda yaitu hanphone untuk melakukan segala aktifitas. Jadi, tidak heran bukan apabila pembayaran digital bisa menaikan omset bisnis UMKM?

2. Lebih aman
Sistem digital lebih aman dibandingkan pembayaran konvensional. Hal ini tentu akan mengurangi resiko pencurian yang bisa terjadi. Mengingat, kasus-kasus seperti ini kerap terjadi terhadap pelaku bisnis UMKM. Selain itu, berguna pula untuk masalah pencatatan keuangan. Dengan menggunakan pembayaran digital, pelanggan tidak membutuhkan uang kembali. Sehingga uang yang masuk tercatat untuk setiap transaksinya. Anda tinggal menyalin saja history transaksi setiap hari. Lebih praktisnya lagi, apabila Anda telah membuat rekening khusus pembayaran digital. Dengan begitu, laba bisnis tidak akan tercampur dengan uang lain dan Anda akan lebih terbantu mengelolanya

3. Lebih Praktis 
Umumnya, transaksi konvensional mengharuskan pembeli dan penjual sama-sama bertemu dan melakukan intraksi. Baik itu pembayaran secara cash, debit card, maupun credit card, transaksi langsung tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Alhasil, jika pembeli sedang membeludak atau bisnis UMKM semakin besar, Anda memerlukan penjaga kasir khusus. Dengan adanya pembayaran digital, kemungkinan tersebut bisa ditiadakan.

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240