Wah! Berikut ini adalah beberapa strategi yang berguna untuk para pelaku UMKM dalam bertahan menghadapi pandemi Covid-19 saat ini loh, yuk kita simak seksama...

1. Ambil Peluang dengan fokus pada kebutuhan Konsumen
Jika riset pasar diperlukan anda bisa mensurvei mengenai apa yang sedang sangat dibutuhkan oleh khalayak ramai ini merupakan peluang yang bisa menguntungkan 

2. Ciptakan inovasi dan berkreasi dalam peningkatan produk maupun pelayanan demi terciptanya kepercayaan Konsumen
Inovasi produk yang berbeda dari yang lain, bisa pula dengan cara membuat strategi yaitu diskon/promo dan memanfaatkan stok lama. Tak lupa untuk selalu memberikan pelayanan yang sebaik mungkin agar konsumen merasa nyaman dalam proses pembelian. 

3. Branding usaha menggunakan digital marketing
Membangun usaha menggunakan digital marketing yang dimaksud adalah pemasaran melalui sosial media, entah itu instagram, WhatsApp, facebook, bahkan bisa pula memanfaatkan beberapa e-commerce.

4. Mempertahankan hubungan baik dengan pihak Internal dan Eksternal
Menjaga hubungan yang baik dengan para stakeholder sangat berguna demi keberlangsungan usaha anda

5. Bergabung dengan Organisasi UMKM sebagai sarana mengembangkan usaha dan Relasi. 
Anda bisa bergabung dengan suatu organisasi yang aktif membuat beberapa program, salah satu contohnya adalah program @jakpreneur dari @dinasppkukm , bergabunglah bersama @jakpreneur untuk meningkatkan usaha anda dan mendapatkan relasi yang lebih luas.

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240