Jakarta -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) kembali menyelenggarakan Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Batch X Tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 04-07 Desember 2023 di Balai Pertemuan, Lantai Dasar Blok G Balaikota DKI Jakarta. 

Kepala Dinas PPKUKM Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, kegiatan ini ditujukan untuk mempertemukan kebutuhan pengadaan pemerintah dengan para produsen Produk Dalam Negeri dalam mendorong penyerapan produk-produk lokal dan mengurangi ketergantungan akan produk impor.

"Sektor industri di Jakarta menjadi salah satu kontributor penting bagi perekonomian daerah dan nasional, terutama dalam menyongsong Jakarta menjadi Kota Global. Oleh karenanya, pemberdayaan industri terus dilakukan secara intensif, salah satunya Kegiatan Business Matching P3DN yang diselenggarakan secara rutin untuk membuka peluang tersebut seluas-luasnya agar produk Indonesia dapat berjaya di negerinya sendiri." ujar Ratu di Jakarta, Senin (4/12).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, berdasarkan pantauan Dashboard Bigbox LKPP per 3 Desember 2023, realisasi penggunaan Produk Dalam Negeri Provinsi DKI Jakarta telah mencapai Rp 14,5 triliun atau sebesar 91,5% dari komitmen PDN pada Rencana APBD 2023 atau sebesar 51,2% dari komitmen PDN yang diinput pada Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). 

Pada Kegiatan Business Matching P3DN Batch X Tahun 2023 kali ini diikuti sebanyak 19 perusahaan industri di berbagai sektor yang tak hanya berasal dari DKI Jakarta, namun juga dari sejumlah daerah seperti Bogor, Bandung, Balaraja, Cikarang, Cimahi, Tangerang, Klaten, hingga blitar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menyediakan sarana pengembangan industri nasional di DKI Jakarta yang merupakan kota penopang perekonomian nasional, serta sejalan dengan slogan Kota Jakarta yaitu "Sukses Jakarta Untuk Indonesia”.

Adapun perusahaan industri yang menampilkan produk-produk unggulan dalam kegiatan ini, yaitu :

  1. PT Indohotama Sejati
  2. PT Arga Kreasi Widyatama
  3. PT Chosen Mitra Abadi
  4. PT Cahaya Kilau Maxxindo
  5. PT Trisula Textile Industries
  6. PT Inter Kreasi Adhitama
  7. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
  8. PT Malino Selaras Cipta Solusi
  9. PT Anagata Kerta Jaya
  10. PT Allied Telesis/ XDC Indonesia
  11. PT Prodia Diagnostic Line
  12. PT Bitutek
  13. CV Futago Karya
  14. PT Utomo Utomo
  15. PT LED Pro IDN
  16. PT Wahyu Jaya
  17. PT Lintas Mediatama
  18. PT Axella Adhi Pratama
  19. PT Cipta Alpha Omega

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240