Jakarta - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah atau PPKUKM DKI Jakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion Peran Sektor Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM dalam Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global, di Kantor Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Jakarta Utara pada hari Kamis (30/11).

Focus Group Discussion ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya Dinas PPKUKM DKI Jakarta dalam mempersiapkan dan mewujudkan Jakarta sebagai Global City melalui peran dari sektor  Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM. Hal tersebut merupakan wujud dari pencapaian visi pembangunan Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional dan kota global yang kedepannya berfungsi sebagai pusat perdagangan, pusat kegiatan layanan jasa, dan layanan jasa keuangan, serta kegiatan bisnis nasional dan Global

Agenda tersebut diselenggarakan secara hybrid dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PPKUKM, Elisabeth Ratu Rante Allo M.M.,M.Si, serta dihadiri oleh sejumlah narasumber seperti, Sari Tri Arisanti selaku Perwakilan Biro Perencanaan Kementerian Perindustrian RI, Dr. M. Rizal Taufikurahman selaku Kepala Pusat Ekonomi Makro dan Keuangan INDEF (Institute for Development Economics and Finance), Imam Hartawan selaku Wakil Ketua Umum Bidang Konsultasi dan Lingkungan Hidup KADIN DKI Jakarta, Hembang Nugraha S.E., M.M. selaku Vice Chairman Starfindo (Asosiasi Start-up for Industry Indonesia), dan Ary Mariano selaku Staf Ahli GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Sejumlah perwakilan dari kementerian, lembaga, dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait juga hadir secara hybrid baik melalui zoom meeting ataupun secara langsung untuk mengikuti Focus Group Discussion terkait Peran Sektor Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM dalam Mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global ini. 

Kepala Dinas PPKUKM mengungkapkan, penetapan Jakarta bukan lagi sebagai ibu kota negara Indonesia, menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Jakarta yang merupakan pusat bisnis dan perdagangan serta sebagai pusat kebudayaan nasional untuk melakukan pembenahan dan menentukan karakteristik Kota Jakarta menuju kota Global. Focus Group Discussion ini diharapkan dapat bersinergi dengan para narasumber dan stakeholders untuk mengidentifikasi lebih dalam mengenai karakteristik dan arah Jakarta dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta menuju Global City

“Harapan kami pelaksanaan Focus Group Discussion ini dapat bersinergi dengan para narasumber dan stakeholders untuk mengidentifikasi lebih dalam mengenai karakteristik dan arah Jakarta dalam rangka mewujudkan Kota Jakarta menuju Global City. ” ujarnya.

 

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240