Jakarta - Provinsi DKI Jakarta meraih penghargaan dalam Anugerah Pengadaan 2023 kategori nilai transaksi PDN terbesar serta kategori nilai transaksi belanja produk UMK terbesar di tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan pada Selasa (7/11).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri dalam Rencana APBD DKI Jakarta Tahun 2023 kepada Kemendagri pada Tahun 2022 sebesar Rp15,85 Triliun.

DKI Jakarta juga telah melakukan realisasi Pelaksanaan Produk Dalam Negeri mencapai Rp13,1 Triliun di Tahun 2023 (82,6% dari Komitmen Belanja Produk Dalam Negeri dalam Rencana APBD 2023).

Tak hanya itu, DKI Jakarta juga terus mendorong SKPD/UKPD untuk membelanjakan produk bersertifikat TKDN melalui e-Katalog dan e-Order (transaksi e-Order sudah mencapai Rp 235,5 miliar) serta mencantumkan penggunaan Produk Dalam Negeri dalam KAK dan Kontrak. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah atau PPKUKM sekaligus Ketua Harian Tim P3DN Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan bahwa capaian DKI Jakarta akan terus meningkat hingga akhir tahun nanti sebagai bentuk komitmen dalam mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Kedepannya Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui berbagai program dan kerjasama maupun sinergi dengan berbagai pihak. Hal ini tentunya kami lakukan sebagaimana arahan PJ Gubernur untuk mendukung pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang akan bermetamorfosa menjadi kota global dan tentunya menjadi wadah perkembangan ekonomi nasional,” ujar Ratu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI mengimbau seluruh pihak khususnya pemerintah daerah dalam memajukan pengadaan barang dan jasa secara optimal.

“Forum ini adalah tempat untuk berkolaborasi dalam sektor pengadaan kita, Intinya kami ingin produk UMKM itu dibeli, dan kualitasnya juga ditingkatkan. Agar lebih sejalan pengadaan barang dan jasa dapat dipenuhi oleh UMKM. Maka kementerian dan lembaga perlu melakukan pengadaan barang dan jasa,” ujarnya dalam kegiatan tersebut.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta terus meningkatkan serta mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk dalam negeri melalui sejumlah kegiatan, salah satunya adalah terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gernas BBI yang puncaknya akan diselenggarakan dalam acara Harvesting Ceremony di waktu mendatang.


 

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240