Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo sampaikan tantangan dan peluang UMKM menembus pasar ekspor dalam agenda penutupan program Go Trade yang diselenggarakan di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat (16/8).

Ia menyampaikan, kontribusi UMKM masih cukup rendah yakni sebesar 15,7%, sebab masih menghadapi banyak kendala mulai dari minimnya informasi pasar, dokumen persyaratan, kualitas produk yang tidak konsisten, kapasitas produksi, biaya sertifikasi yang tidak murah, hingga kendala logistik.

Untuk itu, Dinas PPKUKM dan DHL bekerjasama menyelenggarakan rangkaian Program GoTrade yang diikuti oleh 30 peserta binaan Jakarta Entrepreneur. Program ini diharapkan dapat membekali pelaku UMKM dalam menggali potensi ekspor produk lokal.

“Program ini kami harapkan mampu mendorong Usaha Mikro Kecil khususnya peserta Jakarta Entrepreneur binaan Provinsi DKI Jakarta agar memiliki pengetahuan terhadap perdagangan internasional, sehingga dapat menembus pasar ekspor dan membuka peluang pasar baru di luar negeri menjadi lebih luas,” ujar Kepala Dinas PPKUKM.


 

Alamat Kami

Dinas PPKUKM Jl. Perintis Kemerdekaan/ BGR I No.3, Jakarta Utara 14240